10/20/2009

foto terbaik(ada hantunya)


Astaga!HidupGaya - Sesosok bayangan dengan tampilan kostum di kastil Skotlandia abad ke 14 menghantui para ahli yang menyelidiki potret nyata berbagai roh halus.

Potret yang diambil pada bulan Mei 2008, kelihatannya menunjukkan gambar seorang pria atau wanita dengan pakaian berkerah kaku itu melihat dengan tatapan tajam melalui teralis jendela di Kastil Tantallon.

Tak ada boneka pajangan ataupun pengarah kostum yang dipekerjakan di kastil itu. Selain itu 3 orang pakar fotografi mengkonfirmasi bahwa tak ada penipuan digital yang digunakan dalam pembuatan foto tersebut.

Professor Richard Wiseman, yang memimpin penelitian itu mengungkapkan rasa penasarannya. "Tentu saja penemuan ini memancing rasa ingin tahu kami. Sudah ada 3 pakar fotografi yang meneliti potret tersebut dan mereka mengklaim bahwa potret itu belum terkena sentuhan Photoshop sama sekali.

"Sosok itu muncul dalam kostum Skotlandia namun kami yakin 100 persen bahwa Kastil Tantallon Castle bukan tempat untuk menyimpan boneka pajangan atau boneka kostum."

Kastil Tantallon, sebuah reruntuhan benteng di abad ke 14, yang berdiri di tanjung karang terpencil dekat North Berwick di pesisir timur Skotlandia.

Christopher Aitchison, yang mengambil potret tersebut mengatakan, "Awalnya saya tak sadar ada sosok yang 'terekam' dalam foto itu. Saya baru sadar kejanggalan itu setelah tiba di rumah."

Prof Wiseman, psikolog dari University of Hertfordshire, yang telah melakukan berbagai penelitian mengenai hal-hal supranatural, memulai penyelidikan foto-foto hantu sebulan lalu.

Warga yang memiliki foto-foto makhluk halus diminta untuk memperlihatkannya kepada para pakar untuk dianalisa. Dan foto terbaik akan ditampilkan di website www.scienceofhauntings.com.

Sejauh ini sudah ada lebih dari 250 lembar foto yang diterima oleh panitia dan lebih dari 250 ribu warga yang memilih foto hantu yang paling meyakinkan. Foto Ghost in the Castle sejauh ini memimpin perolehan suara dengan 39 persen total suara.

No comments:

Post a Comment